SOSIALISASI TEKNOLOGI IPB PRIMA

Teknologi IPB Prima merupakan teknologi yang diciptakan oleh dosen IPB untuk meningkatkan produktivitas padi dan menjaga pertanian padi agar tetap lestari. Teknologi IPB Prima terdiri dari lima pilar pokok, yaitu restorasi lahan dengan jerami, penggunaan IPB Bio, IPB Best Practice, mekanisasi pertanian, serta penyuluhan dan pendampingan IPB. Jerami yang merupakan limbah pertanian padi memiliki banyak manfaat untuk restorasi lahan pertanian padi. Namun biasanya petani belum mengetahui manfaatnya sehingga lebih memilih membakar jerami tersebut daripada memanfaatkannya. Sistem jarak tanam Jajar Legowo yang merupakan system jarak tanam yang baik bagi pertanian padi juga belum banyak diketahui oleh petani. Beberapa produk yang dihasilkan dari teknologi IPB Prima yaitu, benih padi IPB 3S dan IPB Bio.

 

Selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas padi dalam skala luas yaitu dengan penggunaan mesin-mesin pertanian untuk budidaya padi. Latar belakang diadakannya sosialisasi ini adalah banyak warga desa yang berprofesi sebagai petani padi. Kemudian mahasiswa KKN-T berdiskusi dengan beberapa anggota POKTAN perihal sosialisasi teknologi IPB Prima. Mahasiswa KKN-T meminta izin kepada beberapa POKTAN untuk melakukan sosialisasi tersebut dan direspon sangat baik oleh petani. Sosialisasi tentang teknologi IPB Prima diperlukan agar masyarakat Desa Padasari terutama yang berprofesi sebagai petani padi memiliki pengetahuan lebih tentang cara meningkatkan produktivitas padi mereka. Sosialisasi teknologi IPB Prima dilaksanakan secara tidak formal di rumah ketua POKTAN di masing-masing RW di Desa Padasari dengan mengundang anggota POKTAN dan masyarakat disekitarnya. Susunan acara dimulai dari perkenalan dari mahasiswa KKN-T kemudian dilanjutkan dengan FGD (Forum Group Discussion) dengan para petani.

Selanjutnya sebagai hadiah simbolis mahasiswa KKN-T memberikan benih padi IPB 3S yang merupakan varietas unggulan IPB sebanyak 1,5 kg kepada salah seorang perwakilan anggota POKTAN. Pemberian benih padi tersebut dimaksudkan agar petani mencoba menanamnya. Sosialisasi teknologi IPB Prima hanya sebatas saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan petani tentang pertanian padi. Diakhir kegiatan dilakukan foto bersama sebagai dokumentasi telah dilaksanakannya sosialisasi teknologi IPB Prima

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan