Quick wins

 

Selasa, 04 Februari 2020 Ibu Hamil wajib siapkan empat orang pendonor.

Program ‘Quick Wins’ atau program pelayanan darah untuk mencegah kematian ibu akibat pendarahan ketika melahirkan, kini telah diterapkan di Desa Padasari Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Ibu Dewi Lestari, A.Md.Keb. selaku Bidan Desa Padasari Selasa (4/2) di Ruang Aula Desa Padasari menjelaskan, dalam program ‘Quick Wins’ ini, ibu hamil yang akan melahirkan diharuskan sudah memiliki minimal 4 pendonor darah.

Terkait program ini, dirinya mengaku telah berkoordinasi dengan UPTD Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Cimalaka juga sudah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sumedang dan RSUD Sumedang.

Tercatat sudah ada 23 Ibu Hamil dan baru 23 Pendonor yang memeriksakan diri. Sedangkan selebihnya, para Ibu HamilĀ  mengaku sudah mendapatkan calon pendonor dan sudah mengetahui golongan darahnya sehingga tidak perlu dilakukan pemeriksaan golongan darah lagi.

Dijelaskannya pula, bahwa para pendonor Ibu Hamil nantinya akan mendonorkan darahnya 10 hari sampai 14 hari sebelum melahirkan. Menurutnya, darah tersebut akan digunakan apabila Ibu Hamil mengalami pendarahan. Kalaupun tidak, darahnya nanti akan disimpan di PMI Kabupaten Sumedang untuk diberikan lagi kepada yang membutuhkan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.